Syarat Ideal Senapan PCP

Syarat Ideal Senapan PCP

Syarat idela senapan PCP – halo sobat bedilers!!! Salam satu laras!! Apakah Anda merupakan pengegmar senapan angin PCP? Apakah Anda tahu syarat ideal dari senapan PCP? Perlu And aketahu bos beberapa syarat wajib dari senapan PCP. Naah pada pemahan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai syarat dari senapan PCP. Beberpa syarat dari senapan PCP adalah sebagai berikut :

1. Faktor Safety

Perlu Anda ketahui bahwa senapan PCP merupakan salah satu jenis

senapan yang mematikan. Dalam hal ini bisa mematikan hewan

buruan atau bisa juga untuk mematikan pengguna senapan angin

PCP itu sendiri. Megapa demikian? Hal ini karena tekanan angin yang

telah tersimpan dalam tabung senapan tersebut mempunyai kekuatan

100 kali lebih tekanan dari sebuah ban mobil keluarga.

Apabila tekanan sebuah ban mobil keluarga 30 PSI, maka untuk tekanan udara dalam tabung senapan angin PCP bisa 10 kalinya bahkan lebih, sekitar 2500 sampai 3000 PSI. Dan apabila daya ledak dari sebuah ban mobil mampu utuk membuat tumbang sebuah mobil hingga seberat 1,5 ton, kemudian apa yang terjadi apabila tekanan sebesar 100 kali ban sebuah mobil meledak tepat di depan kita? Bisa Anda bayangkan tentu akan sangat mengerikan senapan PCP ini.

Nah.. Untuk bisa menjamin keamanan pengguna, tabung senapan angin harus mempunyai syarat kekuatan ideal. Harus terbuat dari bahan dengan kualitas terbaik yang tidak gampang berkarat. Bahan yang umumnya digunakan gunsmith dibuat dari 3 jenis bahan contohnya tabung alumunium (dural), baja (steel), dan titanium.

Masing-masing pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan yang tersendiri. Apabila dilihat dari segi berat, pastinya tabung baja jauh lebih berat apabila dibandingkan dengan tabung titanium ataupun tabung alumunium.

Tetapi dari segi harga, tabung alumuium jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan tabung baja. Sedangkan dari ketahanan, tabung alumunium lebih tahan terhadap karat atau korosi daripada tabung baja. Sementara itu, yang paling terbaik adalah tabung titanium, tetapi untuk harganya paling mahal.

2. Faktor Akurasi

Naah.. Bagian paling penting dari sebuah senapan PCP yang berkaitan langsung dengan akurasi adalah laras. Ada berbagai macam faktor yang harus dipertimbangkan seperti bahan dari laras senapan, yakni ulir laras dan kerapian ulir laras, panjang laras, diameter laras dan metode pembuatan laras.

selengkapnya disini https://www.gsasportindonesia.co.id/product/senapan-angin-pcp-mouser-od-28-65-daya-tampung-angin-besar/

Untuk pembuatan laras senapan ada dua macam bahan yang sering digunakan, yaitu baja dan tembaga. Dari segi daya tahan, kedua bahan tersebut relatif. Laras yang terbuat dari bahan baja sangat rentan berkarat apabila kita malas dalam merawatnya. Untuk laras tembaga sangat tahan terhadap korosi daripada laras baja. Akan tetapi, ulur pada laras senapan tembaga jauh lebih cepat aus ketika bergesekan langsung dengan mimis timah daripada laras dari baja.

Untuk senapan PCP, hampir semua larasnya terbuat dari baja. Sedangkan laras tembaga banyak dipasangkan khusus pada senapan pompa. Hal tersebut mungkin karena ada pertimbangan secara khusus dari para pengrajin.

Berkaitan dengan ulir laras senapan PCP, kita harus benar-benar teliti dalam membeli sebuah senapan. Meskipun ada banyak sekali jenis ulir yaitu ulir 6, 8, dan 12. Tetapi jenis ulir tidak memberikan

pengaruh besar pada akurasi senapan untuk jarak tembak yang normal, yaitu 20 sampai 50 meter. Terkecuali untuk tembakan long range yang dimana 50 meter lebih.

Yang harus Anda perhatikan adalah kerapihan dalam pembuatan ulir. Ulir senapan yang bagus maka akan terlihat mengkilat, dan tidak mengalami cacat sedikitpun. Untuk melihat bagus atau tidaknya maka bisa dilakukan dengan cara mengarahkan bagian ujung laras senapan ke cahaya lampu kemudian mengintip bagian ujungnya.

3. Kharakter Power

Berkaitan dengan power PCP apabila tekanan angin semakin turun maka jarak tempuh peluru nantinya akan semakin rendah. Hal ini berakibat pada peluru yang akan jatuh lebih rendah dari sasaran.

Dan hal ini bisa diatasi cukup mudah dengan cara mengenal kharakter power senapan milik kita. Siapkan waktu selama beberapa jam untuk melakukan tembakan pada sasaran tak bergerak dari tekanan yang tertinggi, misalnya saja 2500 PSI sampai ke 500 PSI.

Setiap senapan sudah pasti mempunyai kharakter yang berbeda. Bahkan para pengrajin atau pabrikan senapan yang sama sekalipun tidak bisa memberikan jaminan kesamaan kharakter power senapan yang dibuatnya.

Apabila kita sudah bisa mengenali kharakter power senapan milik kita, maka kita tidak perlu repot-repot lagi untuk menyetel teleskop dalam setiap perubahan tekanan. Cukup dengan cara mengangkat senapan angin beberapa mm dari target saja. Yang menjadi persoalan adalah pada saat power dan jatuhnya peluru senapan tidak pada posisi atas bawah, tetapi ke kiri atau ke kanan secara tidak konsisten.

4. Jenis Peluru yang Digunakan

Berikutnya jenis peluru senapan yang digunakan ternyata memberikan pengaruh cukup besar terhadap akurasi senapan. Terdapat hubungan antara berat peluru senapan yang digunakan dengan kharakter power senapan angin PCP kita. Ada juga hubungan antara bentu kepala peluru senapan dengan kharakter power dan juga jarak sasaran buruan kita.

Faktor utama yang harus diperhatikan adalah dengan membeli peluru senapan yang dibuat langsung oleh pabrik ya bos. Hal ini karena kebanyakan pabrik besar selalu menerapkan ​quality controlyang sangat ketat terhadap produk yang dibuatnya. Hal ini pastinya untuk resiko inkonsistensi dalam ukuran serta berat peluru senapan bisa lebih minimal.

Kedua, perhatikan pada berat peluru. Peluru senapan paling berat yang sangat populer di pasaran adalah sekitar 7 sampai 10.65 gram. Keunggulan dari peluru senapan yang paling berat terbisa pada daya rusaknya. Tetapi kelemahannya ada pada jarak tempuh perlurunya Akan tetapi, semuanya tergantung dari kharakter power senapan PCP milik kita.

Naah itu lah beberapa syarat ideal senapan PCP yang perlu Anda perhatikan bos. Semoga artikel ini bermanfaat ya bosa.. salam satu laras!!!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*