Manfaat Tanaman Damar

Manfaat Tanaman Damar

Manfaat Tanaman Damar – Damar merupakan tanaman yang tergolong dalam tanaman Gymnospermae. Tanaman ini adalah tanaman asli Indonesia yang dapat menghasilkan getah khusus yang biasa disebut dengan damar.

Karakter tanaman damar mempunyai batang pohon yang ukurannya dapat mencapai hingga 50 meter lebih. Sedangkan ukuran diameter tanaman damar dapat mencapai 1 meter lebih.

Bagian luar kayu biasanya ditumbuhi berbagai macam jenis pegangan yang memiliki warna lebih tua. Daun tanaman damar mempunyai karakter berbentuk lonjong dan agak meruncing pada bagian ujung kecil yang memiliki ukuran kuranga lebih 2 sampai dengan 8 cm. Tanaman yang satu ini juga bisa menghasilkan biji dengan ukuran 7 sampai 9 cm untuk diameternya.

Kandungan Kimiawai Tanaman Damar

Tanaman damar memiliki kandungan berbagai unsur kimiawi yang berperan penting dalam fungsinya. Jenis senyawa yang biasa dijumpai pada damar yaitu seperti kandungan alkohol kompleks, asam resinat, balsam dan juga resen.

Beberapa kandungan kimiawi tersebut akan keluar selama proses pengolahan. Damar sendiri mempunyai bentuk agak keras, bening seperti plastik yang juga mudah meleleh dan lengket. Disamping itu, damar juga sangat mudah mengalami penguapan, tidak memiliki kandungan asam lemak dan memiliki banyak kandungan zat karbon atau zat buangan.

Manfaat Tanaman Damar

Tanaman damar memiliki banyak manfaat, beberapa manfaat tanaman damar adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai tanaman penghijauan

Tanaman damar seringkali dijadikan sebagai tanaman penghijauan di kota-kota besar Indonesia seperti Bogor dan Jakarta. Hal ini karena karena karakter tanaman damar yang mudah ditemukan dan dapat ditanam dimana saja. Ukuran pohonnya yang besar juga mampu melindungi kerusakan tanah serta mencegah kelangkaan air tanah.

  1. Sebagai Obat Tradisional

Pada jaman dahulu orang tua selalu memanfaatkan tanaman damar sebagai tanaman tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti luka, sakit gigi, nanah, sakit bisul, sakit mata dan masalah pada telinga.

Sampai sekarang ini komponen senyawa aromatik yang sangat khas dari tanaman damar masih terus dikembangkan sebagai obat-obatan tradisional termasuk obat herbal untuk penyakit herpes.

  1. Obat untuk HIV

Getah dari tanaman damar memiliki kandungan senyawa amentoflavon yang memberikan pengaruh cukup besar bagi penyakit HIVV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon.

baca juga : https://www.agrosejahtera.co.id/jual-bibit-pohon-mahoni/

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*