Jual Bibit Cabai Merah Hibrida

Salah satu komoditas unggul di bidang pertanian dan menjadi salah satu komoditas terlaris di Dunia ini memang banyak sekali di perbicangkan oleh beragam khalayak. Ya,yang kami maksud adalah tanaman cabai merah yang sampai saat ini masih di unggulkan dan banyak di tanam khusus nya di wilayah Pulau Jawa.

Jenis tanaman cabai merah ini merupakan spesies tanaman yang paling atraktif dan tentunya sangat menjanjikan untuk di tanam. Terlebih di saat-saat musim tertentu,maka siap-siap saja untuk harga cabai merah ini bisa melambung naik hingga berlipat-lipat ganda,namun apabila musim paceklik atau masa panen sulit telah tiba,maka banyak petani yang akan gulung tikar karena rugi besar akibat hasil panen tidak maksimal.

Jual Bibit Cabai Merah Hibrida

Hal ini tentu saja akan membuat para petani yang ingin budidaya tanaman cabai merah seperti melakukan ajang perjudian di kala menanam cabai merah dan akan menjadi tantangan tersendiri bagi para petani.

Baca Juga: Manfaat Utama Buah Jambu Biji

Faktor lain yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang tanaman cabai merah adalah soal budidaya cabai merah yang masih rawan dan cukup rentan dengan kondisi cuaca tertentu yang selalu berubah ubah dan yang paling sering ketika serangan hama sudah bermunculan secara gila-gila an.

Terdapat berbagai macam cara untuk meminimalisir semua resiko tersebut, dan hal itu juga setidaknya dibutuhkan biaya yang cukup mahal,apalagi jika yang di budidaya tersebut merupakan cabai merah jenis hibrida,pastinya anda akan dikenakan tarif yang sangat fantastis untuk merawat nya,melihat bahwa jenis hibrida ini merupakan varian yang memerlukan perlakuan yang cukup istimewa di banding dengan bibit cabe lokal.

Tanaman cabai merah atau yang dalam istilah bahasa jawa bisa juga disebut lombok,merupakan tanaman yang masuk dari anggota genus Capsicum. Tanaman Cabai merah ini dapat pula digolongkan sebagai sayuran dan sangat berguna sekali sebagai bumbu utama pada segala macam jenis sambal dan masakan lainnya.

Cara pengendalian Hama dan Penyakit

Tanaman cabai merah ini sangat rentan terhadap hama yang bersifat pengganggu dan dapat menghambat proses peningkatan produksi Cabai Merah dan juga sangat rentan terhadap serangan penyakit yang akan berakibat fatal.

Jika tanaman cabai merah ini kehilangan hasil produksi yang diakibatkan oleh serangan hama atau terkena penyakit jenis busuk buah (Colletotrichum spp), ataupun bercak daun (Cercospora sp) dan cendawan tepung (Oidium sp.) yang berkisar antara 9% – 45%.

Maka anda bisa melakukan sebuah Strategi dalam hal pengendalian hama dan juga penyakit yang mana hal semacam ini kerap terjadi pada jenis tanaman Cabai Merah.

Maka,diperlukan beberapa macam upaya yang sekiranya sangat diajurkan yakni tentang penerapan pengendalian secara terpadu,cepat,dan tanggap. Yang cara seperti itu tercetus di sebuah organisasi yang di dirikan oleh kalangan masyarakat dan mereka ini sepakat memberi nama pada organisasi tersebut Pengendalian Hama Penyakit secara Terpadu (PHPT)

Komunitas tersebut merupakan sebuah perkumpulan antar petani cabai merah yang mempunyai anggota cukup banyak dan bahkan sempat mencakup ke seluruh pengendalian sistem tanaman kultur teknik, hayati (biologi), varietas yang tahan (resisten), fisik dan mekanik, dan cara kimiawi

Masa panen tanaman Cabai Merah ini memang sangat dipengaruhi oleh sebuah faktor cuaca dan jenis cabai yang ditanam,apakah kualitas biasa atau kualitas yang terbaik,atau bisa juga tentang varietasnya, dan hal yang paling menentukan ialah lingkungan tempat tanam. Jenis cabai merah ini sangat cocok apabila ditanam di daerah dataran rendah, yang mana umumnya cabai merah ini akan siap dipanen pada umur sekitar 70-90 hari setelah pasca tanam.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*