Cara Memilih Teleskop Senapan Angin

Cara Memilih Teleskop Senapan Angin

Seperti yang kita tahu bahwa suatu harga dapat menentukan kwalitas dari sebuah barang. Semakin mahal harga barang tersebut maka akan semakin bagus pula kwalitasnya. Namun tidak semua barang yang memilih harga sangat tinggi akan memenuhi atau sesuai dengan selera dan kebutuhan setiap orang.

Misalnya saja Anda membeli sebuah telesop dengan harga sekitar 6 juta lebih, dimana telescop tersebut dapat digunakan pada senapan. Belum tentu jika teleskop tersebut dapat digunakan untuk jenis senapan angin gejluk ataupun Senapan Angin PCP. Jadi bisa dikatakan bahwa harga yang mahal belum pasti bisa sesuai dengan kebutuhan kita.

Namun kami disini bukan membahas mengenai harga tinggi atau murahnya suatu barang. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara memilih telesekop senapan angin yang baik dan benar.

  1. Lensa

Lensa merupakan bagian utama dari sebuah teleskop, dimana lensa memiliki peran yang sangat penting. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih teleskop yang memiliki struktur lensa yang jernih, tidak ngeblur sama sekali serta mempunyai fokus yang baik.

Sebelum membeli Anda harus perhatikan dengan cermat. Apakah mata Anda merasa nyaman ketika Anda mencoba untuk membidik suatu object? Atau justru mata Anda merasa tegang dan lelah? Atau bahkan object tidak terlihat dengan jelas/ buram?

Jika Anda menemui teleskop dengan tanda-tanda seperti demikian maka jangan sampai dipilih. Sebab, dalam penggunaan dalam jangka yang lama bisa merusak atau berakibat buruk pada mata Anda.  Jangan sampai Anda mengobarkan indra no 1 hanya untuk membeli sebuah telescope yang tidak memenuhi syarat atau cacat produk.

  • Bahan atau Body

Teleskop dengan kualitas baik selalu mempunyai body atau tabung dari bahan yang bermutu seperti alumunium aloy, kuningan, dan bahan lainnya.  Selain itu juga mempunyai kontur yang tebal supaya terlihat gagah, kuat, dan kokoh atau tidak penyok ketika dikombinasikan dengan mounting yang bertekanan kuat.

Sebelum melakukan pembelian Anda harus menyentil terlebih dahulu dengan jari tangan atau bisa juga dengan benda non logam pada bagian body teleskop (Anda sudah pasti bisa membedakan antara bunyi dari bahan yang tebal dan tipis).

  • Turret

Pilih teleskop senapan angin yang mempunyai turret tidak gampang bergoyang ketika Anda goyangkan dengan jari. Sebab jika bergoyang, sudah dapat dipastan hasil Anda pun akan mudah labil.

Perhatikan juga bahan dasar dari turret serta rumah turet tersebut (bukan tutup turret). Teleskop senapan angin yang baik akan selalu menggunakan bahan bermutu dari kuningan chrom atau alumunium berkualitas, bukan dari bahan dasar babet. Karena selain mudah aus, bahan tersebut sangat mudah patah atau gompal.

  • Eyepiece atau Pengatur Dioptri -/+

Hal yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan, dioptri atau eyepiece berada pada bagian belakang atau ocular teleskop. Bisa Anda putar ke arah kiri atau counterclockwise atau berlawanan dengan arah jarum jam.

Jika sudah diputar maka goyangkan bagian tersebut. Jika terasa koclak, ini berarti tele juga bisa berubah atau labil posisi bayangan object-nya ketika tele tersentuh atau terkena bagian belakangan.  Berbeda halnya dengan teleskop yang baik, dengan system yang kuat dan tidak mudah bergoyang ataupun koclak pada bagian yang kami sebutkan tadi.

  • Power Ring atau Cincin Zoom

Silahkan putar bagian ini mulai dari angka kecil hingga angka paling besar. Putar secara berulang-ulang atau bolak balik sampai beberapa kali sambil Anda rasakan apakah terasa ringan, sangat ringan, atau justru terlalu berat seolah-olah ada sesuatu yang nyangkut. Pada teleskop senapan angin yang baik, ring akan terasa nyaman ketika diputar. Ini tidak terlalu ringan atau nyeplos serta tida terasa ada sesuatu yang mengganjal.

Hal ini karena jika terlalu ringan berarti tabung lensa zoom pada bagian dalamnya terlalu longgar atau terlalu besar spacenya, dimana bisa menyebabkan perubahan titik target crosshair atau reticel dengan object atau target. Sedangkan jika terlalu berat maka bisa jadi pembuatan tabung didalamnya bisa dibilang kurang rapi atau kasar.

  • Harga

Untuk masalah harga, jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang terlalalu murah atau harga yang jauh diatas harga normal. Hal ini karena teleskop dengan harga yang terlalu murah bisa jadi merupakan teleskop “asal jadi”. Maksudnya adalah hanya jual merek saja, sedangkan untuk masalah kualitasnya sama dengan harganya yang sudah murahan.

Perhatikan juga keaslian dari teleskop yang Anda beli. Apakah teleskop tersebut orginal atau tidak. Teleskop yang asli sudah pasti memiliki lisensi resmi. Jika Anda membeli teleskop yang tidak ori maka bisa dipastikan tidak bisa bertahan lama.

  • Recomended atau Specialist Seller

Cari atau belilah teleskop senapan angin di tempat recomended. Konsultasikan terlebih dahulu kebutuhan teleskop Anda kepada seller yang memang benar paham atau telah terbukti di bidangnya. Dengan demikian Anda akan memperoleh pelayanan konsultasi pra order yang sangat lengkap dan lebih detail.

Seller yang specialis sudah pasti akan mengatakan “TIDAK” jika memang teleskop senapan angin yang Anda pilih tidak sesuai untuk digunakn atau diaplikasikan dengan kebutuhan senapan angin Anda.

Bukan seller yang hanya bisa tahu dari melihat pada bagian box atau kemasannya saja. Dan yang terakhir adalah sebelum Anda membeli atau memilih sebuah teleskop maka Anda harus pastikan terlebih dahulu apakah dana Anda sudah cukup untuk membeli satu produk teleskop.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*